Minggu, 02 Desember 2012

Benteng Otanaha..

Hi
Apa Kabar..
konichiwa...
anyong Haseo..


kali ini aku bakalan mosting tentang the one of the famous place in Gorontalo, Yaitu Benteng Otanaha. benteng ini adalah salah satu tempat bersejarah di gorontalo. bangunan ini terletak di sebuah bukit di kelurahan Dembe 1, kec. kota barat, Kota gorontalo.Menurut sumber "wikipedia" benteng ini di bangun pada tahun 1522. waww,, kebayang kan tuanya?. benteng ini mempunyai 4 buah tempat persinggahan dan 348 anak tangga ke puncak sampai lokasi benteng.
Sekitar abad ke-15,dugaan orang bahwa sebagian besar daratan Gorontalo adalah air laut. Ketika itu, Kerajaan Gorontalo di bawah Pemerintahan Raja Ilato, atau Matolodulakiki bersama permaisurinya Tilangohula (1505–1585). Mereka memilik tiga keturunan, yakni Ndoba (wanita), Tiliaya (wanita), dan Naha (pria).Waktu usia remaja,Naha melanglang buana ke negeri seberang, sedangkan Ndoba dan Tiliaya tinggal di wilayah kerajaan. Suatu ketika sebuah kapal layar Portugal singgah di Pelabuhan Gorontalo Karena kehabisan bahan makanan, pengaruh cuaca buruk, dan gangguan bajak laut. Mereka menghadap kepada Raja Ilato. Pertemuan tersebut menghasilkan sebuah kesepakatan, bahwa untuk memperkuat pertahanan dan keamanan negeri, akan dibangun atau didirikan tiga buah benteng di atas perbukitan Kelurahan Dembe, Kecamatan Kota Barat yang sekarang ini, yakni pada tahun 1525. (wikipedia)




benteng ini mempunyai 3 bangunan sobat. banguna pertama itu namanya "otanaha". ota artinya benteng, dan naha adalah orang yang menemukan benteng itu sobat. kemudian, yang kedua namanya otahiya. ota artinya benteng dan hiya adalah nama istri dari Naha. dan yang terakhir adalah ulupahu yang artinya benteng dari anak Naha dan Hiya. berarti, Benteng otanaha itu merupakan benteng yang ditemukan oleh satu keluarga yang kepala keluarganya adalah Naha. kemudian dia menjadikan nama astri dan anaknya menjadi nama dari benteng tersebut.. hhmmm!!


kalau sobat berkunjung ke benteng ini, dan berhasil sampai puncak, maka sobat semuanya akan melihat keindahan gorontalo dari puncak benteng. please coming ya!!

#Gorontalo Bisa Olo#

Blazer Blog
  • Share On Facebook
  • Digg This Post
  • Stumble This Post
  • Tweet This Post
  • Save Tis Post To Delicious
  • Float This Post
  • Share On Reddit
  • Bookmark On Technorati

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates