Minggu, 18 Maret 2012

beautiful of Kerawang


Anyeong!!!


Balik lagi nih gan,,, kali ini gw bakalan nyentil sedikit tentang salah satu icon di daerah gw yang tercinta.. yakni kerrawang!! Sebelumnya, gw curhat dulu ya gan! Pas gw mw posting artikel ini, banyak cobaan yang gw alamin. Pertama, pas gw hampir selesain tulisan ini,,eehh tiba- tiba listriknya mati… ke hapus deh,,postingannya!! Terus,,pas gw mau lanjutin lagi,, modem gw ,lelet.. argghh!! Bisa di bayangin gak sebelnya!!!
Next… kembali ke laptop!!!
Gini lo gan,,, Kerawang ini adalah salah satu kain khas dari Gorontalo.. kalau agan- agan berkunjung ke gorontalo,, gak afdhol kalau gak bawa kerrawang sebagai cinderamata atau buah tangan buat kerabat dan teman-teman agan sekalian…

Motif dari kain kerrawang ini, banyak gan.. tergantung dari pengrajinnya. Ada motif bunga, manusia, pemandangan dan masih banyak lagi. Cara merancang design motif dari kerrawang ini terkesan gampang- gampang susah gan! Karena butuh keterampilan,ketelatenan, dan keteliian dalam merancangnya.. tapi, kalau agan-agan sekalian mau belajar, banyak kok tempat- tempat kursus kerrawang..



Seni mokarawo ini, bukan hanya membuat baju, kain dan semacamnya, tapi sekarang ada kipas dan taplak meja kerrawang juga lho!!!

                                                                                                                                        




ironisnya,,sekarang generasi muda provinsi gorontalo, sebagian besar tidak memiliki kemampuan dalam kerawang. Karena zaman sudah berubah. Teknologi merajalela.. marilah kita sebgai warga asli gorontalo, tetap menjaga keaslian,kemurnian khazanah budaya gorontalo..
Kalau bukan kita,, siapa lagi….!!!!   

Blazer Blog
  • Share On Facebook
  • Digg This Post
  • Stumble This Post
  • Tweet This Post
  • Save Tis Post To Delicious
  • Float This Post
  • Share On Reddit
  • Bookmark On Technorati

2 komentar:

A_B mengatakan...

wah,,, tmbah mantap nih blog,,,, nice,,,, smga cepat sukses,,,,ya!!!!! share this on facebook iwankalihiang@ymail.com

Unknown mengatakan...

amieen.. thank you!!!!

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates