Sabtu, 17 Maret 2012

sociolinguistic ( Linguafranca, Pidgins, and Creoles)

anyeong haseo!!!!

Kali ini gw bakaln nulis tentang sociolinguistic. sociolingusitic adalah salah satu mata kuliah yang paling gw sukai. gak tw kenapa gw suka banget sama MK ini...
ok,, sociolinguistic adalah ilmu yang membahasa tentang hubungan bahasa dengan keadaan sosial.. bagaimana cara kita berbahsa dengan org- orang yg ada di lingkungan sehari-hari, or pengaruh- pengaruh apa- apa aja yg bkin bahasa itu ada di masyarakat, itu semua dikupas habis dalam sociolingustic gan...!!! dalam tulisan gw kali ini, gw bakalan ngupas tentang yg namanya, lingua franca, pidgins, sama creoles..

cekidottt!!!!! :)

Dalam kehidupan sehari- hari kita butuh bahasa dalam berkomunikasi. nah, gimana coba klau kita berada dalam satu wilayah yang orang- orangx gak tw bahasa kita dan kitapun gak tw bahasa mereka???? hhmmm bakaln berabe urusannya... misalnye nih gan,, kita di luar negeri. spanyol misalnya. trs, kita gak tw bahasa spanyol, kita cm tw bahasa inggris.. Nah, ketika kita bertemu dgn org spanyol, trz kita gak tw bahsa mereka, maka kita bututh bahasa pemersatu. agar si org spanyol ini mengerti bahasa kita, dan kitapun mengerti bahasa mereka. Alright,, bahasa pemersatu ini dalam sociolinguistic dinamakan "linguafranca". dalam kasus di atas bahasa pemersatu atau linguafranca-nya adalah bahasa inggris.

kasus kedua, misalnya kita berkunjung ke suatu perkampungan.  yah katakanlah suku pedalaman seperti itulah.. nah,,, biasanya bahasa org- org suku itu aneh" kan,, gimana ngertiinnya coba. kita butuh lingua franca disini.. tapi apa? kita tdk mempunyai bahasa yg kebetulan masyarakat suku itu tau gitu! kecuali, kita bikin bahasa baru yg bisa dimengerti oleh kita dan masyarakat suku itu, yang nantinya bisa jadi lingu franca buat kita sama masyarakat suku.. nah,, agan-agan sekalian, bahasa yang lahir nanti di sebut "PIDGINS"... according to wikipedia  pidgin language, is" a simplified language that develops as a means of communication between two or more groups that do not have a language in common" . Kemudian jika bahasa PIDGINS ini sudah di akui oleh masyarakat dan sudah dipatenkan menjadi suatu bahasa baru, maka ini disebut "Creoles"



sampe disini dulu gan, materinya!!! moga bermanfaat yaww!!!

kalau ada saran,, don't forget, leave comment!!!!

Anyeong!!! :):)

Blazer Blog
  • Share On Facebook
  • Digg This Post
  • Stumble This Post
  • Tweet This Post
  • Save Tis Post To Delicious
  • Float This Post
  • Share On Reddit
  • Bookmark On Technorati

2 komentar:

AZLA mengatakan...

suatu artikel yg sangat bermanfaat, dan berguna bagi saya, momggo kunjungi blog saya, kita tukaran link ini link saya
http://penyuluhpi.blogspot.com/
penyuluh perikanan,
terima kasih

Unknown mengatakan...

terima kasih.......!!!! mohon saran dan bantuannya... soalnya saya masih baru di dunia blogger.....!!!!

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates